Jumat, 25 Agustus 2017

Menembus Keterbatasan


Lena Maria, wanita yang terlahir di Swedia, 28 September 1968 ini membuktikan bahwa keterbatasan bukanlah rintangan untuk meraih keberhasilan. Bahkan keterbatasan adalah jalan keluar untuk menembus ketidakterbatasan. Lena maria adalah suatu contoh yang luar biasa mengenai kemampuan bersyukur atas apa yang dimilikinya dan apa yang tidak dimilikinyaIa memiliki keterbatasan secara fisik yaitu ia tidak memiliki kedua tangan dan kakinya panjang sebelah. Akan tetapi, ia sangat besyukur dan tidak mau menyalahkan Tuhan atas apa yang Tuhan beri. Dan ia menggunakan yang Tuhan beri untuk Kemuliaan nama Tuhan.

Saat usia 15 tahun Lena mewakili sweida dalam kejuaraan renang, diusia 18 tahun Lena berhasil memperoleh 4 emas dalam kejuaraan dunia dan mampu memecahkan rekor renang gaya kupu – kupu. Pada tahun 1996 Lena Maria meluncurkan sebuah buku yang berjudul “Foot-Notes”yang mengisahkan suatu perjalanan hidupnya.

Secara aspek sosial lena Maria dewasa secara aspek sosial karena ia dapat berinteraksi dengan  orang lain dengan tidak minder hal tersebut karena ia telah dilatih sejak kecil untuk berinteraksi dengan orang banyak. Lena Maria juga memiliki kedewasaan secara aspek emosi yaitu ia dapat menerima apa adanya meskipun ia terlahir dalam keadaan yang tidak normal. Lena maria juga memiliki pendirian yang teguh “dibalik penderitaan terdapat kebahagiaan, dibalik ketidaksempurnaan terdapat kelebihan,ya itulah merupakan hal yang Tuhan gariskan.


Dari cerita sosok Lena Maria kita dapat belajar dan saya pun belajar bahwa jika seandainya kita terlahir dalam keadaan yang cacat Apakah kita bisa seperti lena maria yang tidak menyalahkan Tuhan ? Faktanya dalam kehidupan sehari – hari kita selalu bersungut – sunggut dalam menjalahkan hidup kita.Tuhan memiliki rancangan – rancangan dalam hidup kita sehingga kita tidak perlu khawatir karena Tuhan adalah teman yang selalu setia menemani kita. Dan dari motivasi Lena Maria “Saya lebih memilih untuk bersyukur atas apa yang dapat saya lakukan, daripada kecewa atas apa yang tak dapat saya lakukan”. Kita juga dapat belajar bahwa apa pun yang kita lakukan,dimana pun kita laukan kita harus besyukur kepada Tuhan.







Kamis, 24 Agustus 2017

Anekdot

Sebelum mempelajari pengertian struktur ataupun ciri – ciri teks anekdot akan lebih Anda memperhatikan contoh teks anekdot. Dari contoh teks anekdot mungkin Anda akan mendapatkan gambaran mengenai teks anekdot

Contoh Teks Anekdot :

 

Pertanyaan menjebak

 

Bapak : Nak Vincent kamu hari ini ulangan bahasa indonesia dapat berapa?

 

Vincent  : Ehmmm kasih tahu atau tidak ya?

 

Bapak : Bapak nanya serius nih !

 

Vincent : dapat 100 pak...

 

Bapak : Wahh bapak bangga punya anak kayak kamu udah pinter,rajin,mandiri,jujur,tekun,pokoknya bapak doain kamu sukses terus dapet ulangannya 100 mulu amin.

 

Vincent :amin, tapi pak, Vincent belum selesai ngomong ulangan yang nilainya dapet 100 tadi dibagi seratus jadi nilainya 0

 

Bapak : @#$%^&*(

 

Dan dari cerita tersebut kita dapat mengambil makna bahwa jangan perna membohongi orang tua


Dan dari teks anekdot tersebut menyindir anak anak yang mengerjai orang tua


Pengertian Teks Anekdot :

Teks anekdot merupakan sebuah karangan cerita atau kisah yang bisa jadi berdasarkan pengalaman hidup seseorang yang ditulis secara singkat, pendek dan lucu tentang berbagai topik seperti pendidikan, politik, hukum, sindiran, kritikan, dan sebagainya. Dalam teks anekdot itu sendiri, perlu diketahui bahwa teks anekdot tidak hanya berisikan kisah-kisah cerita lucu semata melainkan terdapat juga amanat, pesan moral, serta ungkapan yang ingin disampaikan. Teks anekdot bisa terkenal dikarenakan netizen yang mengunggah postingan berupa teks anekdot

Struktur Teks anekdot :

1.    Abstrak
Abstrak merpakan struktur teks paling awal  dan paling humor. Ia biasanya berada di awal paragraf.Tujuannya adalah untuk menggambarkan mengenai teks tersebut secara umum agar pembaca seolah-olah mendapatkan bayangan.
2.    Orientasi
Orientasi merupakan awal kejadian atau menjelasakan belakang mengapa peristiwa  cerita dapat terjadi.
3.    Krisis
Struktur teks anekdot berikutnya adalah Krisis. Krisis merupakan bagian yang menjelaskan mengenai pokok masalah utama atau yang menjadikan bahan pembicaraan dalam sebuah cerita
4.    Reaksi
Reaksi memiliki ketergantungan terhadap struktur krisis. Reaksi adalah bagian yang akan melengkapi berupa penyelasaian masalah menggunakna cara-cara yang juga unik dan berbeda.Reaksi akan timbul dikarenakan adanya reaksi. Sehingga jika ada suatu masalah/klimaks dari sebuah cerita maka harus ada masalah
5.    Koda
Penutup dari struktur teks anekdot. Koda merupakan bagian yang menutup cerita dalam teks tersebut.

 

 Ciri-ciri Teks Anekdot :


1.Memiliki sifat humoris, lucu, menggelitik, dan berbau lelucon tapi menyindir

 

2.Ada suatu makna yang ingin disampaikan’

 

3.Sebagai sarana Penghibur

 


Life : Celana Jogger

Celana Jogger adalah celana yang sempat viral di tahun 2015 sampai sekarang. Mungkin hampir semua remaja tergiur ingin membeli celana ini. Gimana tidak, celana dengan berbagai warna dan bahan memanjakan bagi siapa saja yang melihatnya. Celana jogger sebenarnya terinspirasi dari celana panjang olahraga

Celana jogger memiliki ciri khas yaitu pada bagian kedua ujung celana terdapat karet sebagai pengikat. Celana jogger akan lebih menarik dipandang jika seseorang tersebut mengenakan sepatu sneaker,atau olahraga. Celana Jogger mempunyai tujuan bagi para pengguna untuk bebas begerak. Kini celana jogger nadir dalam berbagai varian warna dan motif.

Akan tetapi banyak orang salah presepsi dalam memakai celana ini. Sebagian orang menggunakan celana ini untuk pergi ke pesta pernikahan dan sebagainya. Celana ini dapat dibandrol dengan harga yang relatif murah.

Tips - tips membeli atau memilih celana jogger :
1. Perhatikan pilihan warna.
Apabila teman - teman  ingin membeli celana jogger disarankan untuk memilih warna gelap seperti hitam, cokelat hitam. Hal tersebut dikarenakan warna hitam merupakan warna netral.

2. Perhatikan ukuran celana.
Pilihlah ukuran celana yang sesuai. Maksud dari ukuran yang sesuai adalah celana yang dipilih tidak boleh terlalu longgar dengan kaki.

3. Belilah celana jogger di toko konvensional.
Menurut saya; akan lebih baik; jika teman - teman membeli celana jogger di toko komvesional daripada toko online. Hal tersebut dikarenakan biasanya toko online menjual barang tidak sesusai dengan keterangan barang ataupun sesuai dengan gambar yang diperlihatkan.




link gambar: 

VIDEO : Deman Tarian Baby Shark


Apakah Anda tahu tarian baby shark ? atau jangan – jangan Anda adalah pengemar berat tarian ini. Ketenaran dan kepopuleran lagu baby shark ini sudah tidak dapat diragukan lagi. Hal tersebut dikarenakan banyaknya orang yang mengunggah video tantangan ini dan membaginya kepada teman-teman agar temannya melakukan sama seperti video tersebut. Sebenarnya tarian baby shark diperuntuhkan untuk anak –anak. Akan tetapi, Gayanya yang lucu dan musiknya yang membuat gelak tawa menjadikan kesenagan tersendiri bagi para remaja untuk melakukan tarian baby shark.

Lagu Baby Shark sebenarnya dirilis pada tahun 2006. Lagu ini diciptakan oleh musisi sekaligus pencipta lagu anak-anak, Mike Whitla. Sebelum viral dan banyak dance cover di Indonesia maupun di Korea Selatan, baby shark pertama kali viral di negara asalnya Amerika Serikat. Karena lagunya yang enak didengar dan gerakannya yang mudah, lagu ini pun dibuat berbagai versi. Tarian baby shark tersebut juga dirilis di You Tube Channel dengan username Pinkfong! Video yang bedurasi  2 menit 16 detik ini berhasil dalam memikat para remaja.



Lirik lagu baby shark

Baby shark doo doo doo doo doo doo
Baby shark doo doo doo doo doo doo
Baby shark doo doo doo doo doo doo
Baby shark !

Mommy Shark doo doo doo doo doo doo
Mommy Shark doo doo doo doo doo doo
Mommy Shark doo doo doo doo doo doo
Mommy shark !

Dady Shark doo doo doo doo doo doo
Dady Shark doo doo doo doo doo doo
Dady Shark doo doo doo doo doo doo
Dady shark !

Grandma Shark doo doo doo doo doo doo
Grandma Shark doo doo doo doo doo doo
Grandma Shark doo doo doo doo doo doo
Grandma Shark !

Grandpa doo doo doo doo doo doo
Grandpa doo doo doo doo doo doo
Grandpa doo doo doo doo doo doo
Grandpa Shark !
Lets go hunt doo doo doo doo doo doo
Lets go hunt doo doo doo doo doo doo
Lets go hunt doo doo doo doo doo doo
Lets go hunt !

Run away doo doo doo doo doo doo
Run away doo doo doo doo doo doo
Run away doo doo doo doo doo doo
Run away !

Safe a last doo doo doo doo doo doo
Safe a last doo doo doo doo doo doo
Safe a last doo doo doo doo doo doo
Safe last !

Its the end doo doo doo doo doo doo
Its the end doo doo doo doo doo doo
Its the end doo doo doo doo doo doo
Its the end ! 


Selasa, 08 Agustus 2017

Tentang Saya


Lahir pada tanggal 29 Oktober 2002. Ia adalah Vincent Lukito, nama itu diberikan oleh kedua orang tua saya yang terinspirasi dari seorang permain bola. Nama Vincent menurut kedua orang tua saya memiliki arti agar bertumbuh menjadi sosok laki laki yang tangguh dan menaklukan segala hal. Akan tetapi, Vincent Lukito adalah seorang siswa yang kata orang - orang  tidak tahu 'malu' dalam arti kebal jika diejek orang didepan umum. Sebaliknya gaya bicara saya yang ceplas - ceplos membuat orang salah presepsi dan terkandang membuat orang sakit hati.

Vincent Lukito adalah seorang siswa biasa yang jauh dari kata sempurna. Ia berambut coklat kehitamam, dengan tubuh kerdil dalam arti tidak tinggi dan gendut, kulit nya yang bewarna sawo matang membuat semua orang iri hati jika melihatnya. 

Terkadang waktu saya kecil saya sering dipanggil rambut mangkok. Akan Tetapi, saya tidak minder akan hal itu, karena saya termotivasi Oleh salah satu peribahasa yang mengatakan anjing menggonggong khafilah berlalu artinya biarkanlah orang mencemooh.

Sejujurnya kalau ada dua pilihan menulis beberapa Lembar atau bebicara panjang kali lebar saya akan memilih bebicara. Akan tetapi,  saya tahu keduanya harus imbang dan tidak dapat terpisahkan,maka saya harus belajar menulis melalui blog ini.Tujuan saya membuat blog ini bukan semata - mata untuk hanya untuk memenuhi tugas Bahasa indonesia. Tetapi sebagai wadah untuk menulis sebuah karya yang nantinya dapat berguna.

Pendidikan yang Membebaskan


Saat ini masih banyak orang - orang yang putus sekolah. Pendidikan yang harus dituntut oleh mereka terpaksa ditinggalkannya. Pendidikan  bukanlah hal yang takut untuk dibicarakan. Akan  tetapi Dengan adanya pendidikan tersebut membebaskan mereka dari suatu kegagalan yang mungkin akan terjadi di masa depan. Kurangnya daya  minat masyarakat terhadap pendidikan  merupakan suatu kesalahan yang besar. Seharusnya pendidikan itu harus dituntut oleh semua orang tanpa adanya suatu rasa paksaan dalam diri. Pendidikan merupakan suatu modal yang nantinya tidak akan terlupakan.

Pendidikan yang membebaskan bukanlah hal yang memberatkan siswa. Tujuan dari pendidikan yang membebaskan bukan semata - mata mengajarkan siswa yang tadinya gak bisa menjadi bisa. Akan tetapi , Tujuan dari pendidikan yang membebaskan adalah pendidikan yang mengajar. Dengan adanya pendidikan dapat membebaskan siswa yang tadinya gak bisa menulis jadi bisa menulis,yang tadinya orang tidak membaca sekarang bisa membaca. Pendidikan yang membebaskan memerlukan suatu proses yang tidak mudah akan tetapi bisa dilakukan jika adanya suatu kemauan.




Teks Negosiasi

sumber gambar : www.gubanesia.com
Tanggal 4 Agustus adalah hari ulang tahun Jaiman, teman - temannya Wakiman dan Sukiem ingin merayakannya. Akan tetapi masalah muncul karena Wakiman ingin merayakan ulang tahun Jaiman dengan cara yang tidak biasa. Hal itu ditentang oleh Sukiem yang menurut dia cara yang tidak biasa itu dapat merusak pendidikan moral.

Wakiman : Eh... hari ini ada yang ulang tahun loh.
Sukiem    : Siapa kalau boleh tahu ?
Wakiman : Itu loh si jaiman cowo mapan dan kece di kelas.
Sukiem    : Oh si jaiman.
Wakiman : Yuk kita rame - rame ceplokin dia pakai telur sama tepung biar jadi adonan bantet.
Sukiem    : Gak boleh gitu, kan kita diajarkan tidak boleh menganiaya orang dengan alasan apapun.
Wakiman : Yaudah tepungnya diganti pakai bedak cap apa aja ya boleh ?
Sukiem.   : Tetap aja gak boleh, kalau bedaknya nanti masuk hidung kan bisa mengganggu saluran pernapasan.
Wakiman : Jadi gimana nih caranya ?
Sukiem    : Yaudah gimana kalau kita ejek dia?
Wakiman : Itu gak sesuai dengan pendidikan moral sama saja dengan menganiaya orang lain 
Sukiem.   : Aduh jadi gimana?
Wakiman : Kalau kita "kacangin"/diemin dia gimana?
Sukiem    : Jangan itu sama aja membuat dia menjadi duka di hari ulang tahunnya.
Wakiman : Tau ah..... gelap !
Sukiem.   : Bagaimana kalau kita kasih di kue ulang tahun?
Wakiman : Ya itu adalah ide yang tepat.
Sukiem.   : Yaudah jadi kita sepakat pulang beliin jaiman kue ulang tahun.
Wakiman : Ok.